PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KRAKSAAN PROBOLINGGO TAHUN 2018
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area, sedangkan responden sebanyak 105 (3 kelas) responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket dan wawancara. Analisis data yang akan digunakan yaitu analisis inferensial (yang terdiri: analisis garis regresi linier sederhana dan uji F). Hasil analisis menunjukkan F hitung = 470,104 > F tabel = 3,93 dengan σ = 0,05 > Sig F 0,000 artinya variabel bebas Fasilitas Belajar yang terdiri dari indikator ruang, media informasi, dan buku berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.