POLA PENGASUHAN DAN INTERNALISASI NILAI KEMANDIRIAN ANAK PADA WANITA KARIR DI DESA TEMBOKREJO KECAMATAN GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER

  • Arinta Eka Pravitasari Universitas Jember
  • Sukidin Sukidin Universitas Jember
  • Pudjo Suharso Universitas Jember

Abstract

Keluarga merupakan tempat dimana anak dapat berkembang dan memiliki pengetahuan sejak lahir yang terbentuk sesuai dengan kebiasaan pola asuh orang tuanya. Pola asuh merupakan perlakuan orang tua dalam interaksi hal mendidik dan mengasuh anak yang memperhatikan keinginan anak. Pola asuh anak yang orang tuanya memiliki karir tertentu dapat menjadi faktor dalam menumbuhkan kemandirian internalisasi anak. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola pengasuhan dan internalisasi nilai kemandirian anak pada wanita karir di Desa Tembokrejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.  Informan utama dalam penelitian ini adalah 5 orang yang berkarir sebagai guru dan perawat. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh yang ada di desa tersebut terdapat 2 pola asuh yaitu pola asuh otoritatif dan permisif, namun yang lebih dominan adalah pola asuh otoritatif yakni pola asuh yang mendorong anak untuk mandiri namun masih menempatkan batasan dan kontrol atas tindakan anak. Hasil dari 5 orang anak dengan pola pengasuhan otoritatif dapat dikatakan mandiri dengan indikator percaya diri, tanggung jawab, dan disiplin sesuai dengan kriteria umur tertentu yang telah disesuaikan dengan usia perkembangan anak pada umumnya, sedangkan 3 orang anak dengan pola asuh permisif, yaitu pola asuh yang orang tuanya sangat terlibat dengan anaknya namun hanya memberikan tuntutan atau kendali terhadap anak. Pola asuh permisif dari 3 anak tersebut hanya 1 anak yang dapat dikatakan mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arinta Eka Pravitasari, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sukidin Sukidin, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pudjo Suharso, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2019-04-21
How to Cite
PRAVITASARI, Arinta Eka; SUKIDIN, Sukidin; SUHARSO, Pudjo. POLA PENGASUHAN DAN INTERNALISASI NILAI KEMANDIRIAN ANAK PADA WANITA KARIR DI DESA TEMBOKREJO KECAMATAN GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 78-86, apr. 2019. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/10424>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10424.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>