STRATEGI PEMASARAN PADA PT NUANSA WISATA PRIMA NUSANTARA TOUR & TRAVEL JEMBER
Abstract
Strategi pemasaran merupakan bagian yang sangat penting dalam pelaksanaan strategi perusahaan secara keseluruhan, terutama dalam keadaan pesaing yang sangat ketat. Persaingan bisnis saat ini yang cukup ketat yaitu bisnis yang bergerak dibidang jasa pariwisata. PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri pariwisata khususnya dalam bidang biro perjalanan yang terdapat di kota Jember. PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember dalam melaksanakan kegiatan usahanya tidak terlepas dari kondisi persaingan pasar yang semakin kompetitif yang ditandai dengan maraknya usaha yang sejenis di kabupaten Jember. Oleh sebab itu menerapkan strategi pemasaran yang baik dan tepat merupakan salah satu cara yang sangat menentukan bisnis dibidang jasa pariwisata agar kegiatan usaha dapat terus berjalan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menjelaskan keadaan yang sebenar-benarnya terkait tentang strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan jasa PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumen. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan jasa PT. Nuansa Wisata Prima Nusantara Tour & Travel Jember menggunakan strategi pemasaran terkait bauran pemasaran yang diantaranya produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang/SDM (people), bukti fisik (physical evidence) dan proses (process) dalam menjalankan usaha jasanya.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.