PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PENGRAJIN KUNINGAN DI KECAMATAN TAPEN KABUPATEN BONDOWOSO

  • Nila Rizkie Universitas Jember
  • Hety Mustika Ani Universitas Jember
  • Wiwin Hartanto Universitas Jember

Abstract

Sumber daya manusia merupakan tokoh utama dalam organisasi ataupun perusahaan.Agar aktivitas perusahaan berjalan dengan baik, maka perusahaan haruslah memiliki tenaga kerja yang produktivitasnya tinggi.Faktor yang dapat mendorong meningkatnya produktivitas tenaga kerja diantaranya motivasi kerja dan pengalaman kerja.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan pengalaman kerja terhadap produktivitas tenaga kerja pengrajin kuningan di Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso dan untuk mengetahui manakah pengaruh yang lebih dominan antara motivasi kerja dan pengalaman kerja terhadap produktivitas tenaga kerja pengrajin kuningan di Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Motivasi kerja pada penelitian ini terdiri dari dari kebutuhan fisik, kebutuhan rasa aman dan keselamatan, kebutuhan sosial, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan perwujudan diri. Pengalaman kerja pada penelitian ini terdiri dari lama waktu / masa kerja, tingkat pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, penguasaan terhadap pekerjaan dan perlatan.Produktivitas tenaga kerja pada penelitian ini terdiri dari kualitas kerja, kuantitas kerja dan ketepatan waktu.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 35 responden.Uji instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi linier berganda , uji asumsi klasik, analisis varian garis regresi, koefisien determinasi berganda, uji F, uji t, efektivitas garis regresi berganda, standart eror of estimate.Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja dan pengalaman kerja terhadap produktivitas tenaga kerja pengrajin kuningan di Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso sebesar 84,8%, sedangkan sisanya 15,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pengalaman kerja berpengaruh paling dominan terhadap produktivitas tenaga kerja pengrajin kuningan di Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso sebesar 52,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nila Rizkie, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Hety Mustika Ani, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Wiwin Hartanto, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2019-04-21
How to Cite
RIZKIE, Nila; ANI, Hety Mustika; HARTANTO, Wiwin. PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PENGRAJIN KUNINGAN DI KECAMATAN TAPEN KABUPATEN BONDOWOSO. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 42-49, apr. 2019. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/10419>. Date accessed: 05 june 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10419.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>