STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA RUMAH APUNG BANGSRING UNDERWATER DI KECAMATAN WONGSOREJO KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Perkembangan pariwisata yang semakin pesat dan memiliki persaingan yang sangat ketat, sehingga pengelola usaha di bidang pariwisata berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi semua pengunjung. Salah satu objek wisata di Banyuwangi yang menarik dan terkenal pada saat ini yaitu Rumah Apung Bangsring Underwater. Objek wisata ini beberapa tahun terakhir mengalami perubahan perkembangan pengelolaan secara maksimal. Perkembangan wisata yang lebih baik dikarenakan pihak pengelola menyusun strategi pengembangan objek wisata dengan mengutamakan penyediaan sarana dan prasarana, peningkatan peran masyarakat sekitar, kualitas pelayanan, dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pengembangan objek wisata yang dilakukan pihak pengelola Rumah Apung Bangsring Underwater. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan yang dilakukan dengan baik dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan pengunjung dan pendapatan objek wisata. Kualitas pelayanan dan penyediaan fasilitas yang diberikan dengan baik dapat memudahkan pengunjung untuk berwisata ke Rumah Apung Bangsring Underwater. Adanya event Festival Underwater termasuk salah satu strategi dalam menarik pengunjung. Pengelola melakukan promosi dengan baik bertujuan untuk memperkenalkan wisata Rumah Apung Bangsring Underwater.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.