PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU TERHADAP PEMAHAMAN MATERI AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Pengelolaan Kartu Persediaan Barang di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember Ta
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru terhadap pemahaman materi akuntansi (Studi kasus pada siswa kelas XI Akuntansi kompetensi dasar mendiskripsikan pengelolaan kartu persediaan barang di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Tahun Ajaran 2017/2018). Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode populasi yaitu sebanyak 58 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, dokumen, dan observasi. Uji instrumen data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial/statistik yaitu dengan menggunakan analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan efektivitas garis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru terhadap pemahaman materi akuntansi (Studi kasus pada siswa kelas XI Akuntansi kompetensi dasar mendiskripsikan pengelolaan kartu persediaan barang di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari Tahun Ajaran 2017/2018) yang dapat dilihat dari besarnya Fhitung = 243,826 > Ftabel = 4,013 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a = 0,05. Besarnya persentase persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru terhadap pemahaman materi akuntansi sebesar 81,3%. sedangkan sisanya yaitu 18,7% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti, yaitu sikap menghargai terhadap siswa pada saat pembelajaran berlangsung.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.