TY - JOUR AU - Hartanto, Wiwin PY - 2016/11/11 TI - Inovasi Media Pembelajaran Mobile Learning ( M-Learning) : Implementasi, Efisiensi, Efektivitas, Dan Daya Tarik JF - JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial; 2016: Prosiding Peran Pendidikan Etika dalam Membangun Peradaban Bangsa KW - N2 - Learner atau pembelajar mulai menggunakan berbagai perangkat teknologi komunikasi bergerak yang terhubung dengan internet dan menjadikan kecenderungan baru pembelajaran secara mobile dan biasa dikenal mobile learning (m-learning). M-learning adalah media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berbasis perangkat teknologi informasi bergerak. Pada konsep pembelajaran tersebut, M-Learning memberikan manfaat tersedianya materi pelajaran yang dapat diakses setiap saat dengan menggunakan perangkat komunikasi bergerak. Penyalahgunaan handphone oleh peserta didik tidak bisa dilihat kesalahannya selalu pada peserta didik, tetapi bisa jadi karena kekurang menarikan pembelajaran dikelas sehingga peserta didik mengalihkan perhatiannya. Selanjutnya menjadi tugas pendidik untuk dapat mengelola untuk dapat mengambil efek positif dari penggunaan perangkat mobile dengan memberdayakan perangkat mobile menjadi media pendukung dalam proses pembelajaran. Dalam implementasi m-learning yang perlu menjadi pertimbangan yaitu memperhatikan aspek efisiensi, efektifitas dan daya tarik dari m-learning tersebut. Secara keseluruhan efisiensi diukur dengan rasio jumlah waktu, personalia dan biaya yang dibutuhkan. Sedangkan efektifitas pembelajaran berhubungan dengan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran. Daya tarik pembelajaran dapat dilihat dari ketertarikan dan kecenderungan siswa untuk melalui proses pembelajaran.   UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/7447