TY - JOUR AU - Ikhsan, Fahrudi Ahwan AU - Kurniawan, Fahmi Arif AU - Apriyanto, Bejo AU - Nurdin, Elan Artono PY - 2017/11/17 TI - UPAYA PENINGKATAN KOMPETESI PROFESIONALISME GURU IPS DI KABUPATEN JEMBER JF - JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial; Vol 11 No 2 (2017)DO - 10.19184/jpe.v11i2.5833 KW - N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kondisi profesionalisme dan upaya peningkatan kompetensi guru IPS di Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah guru IPS SMP Negeri di Kabupaten Jember sebanyak 184 guru. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling yang berjumlah 55 responden. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif prosentase. Hasil penelitian yang menunjukkan kondisi kompetensi profesionalisme guru IPS sebagai berikut: penguasaan materi, konsep dan keilmuan yang diampu guru IPS sebesar 87,25% dalam kategori tinggi; pengembangan materi pembelajaran yang diampu guru IPS secara kreatif sebesar 92,04% termasuk dalam kategori tinggi; penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar sebesar 87,05% termasuk kategori tinggi; pemanfaatan teknologi komunikasi untuk pengembangan diri guru IPS sebesar 86,35% termasuk dalam kategori tinggi. Secara keseuruhan kondisi kompetensi profesionalisme guru IPS di kabupaten Jember termasuk kategori tinggi yaitu 88,17%, sedangkan upaya peningkatan kompetensi profesionalisme guru IPS sebagai berikut: ikut dalam diklat dan seminar sebesar 66,81% kategori rendah; mengembangkan silabus dan RPP IPS sebesar 70,50%; melakukan PTK 48,95% kategori rendah; mengembangkan ilmu teknologi dalam pembelajaran 74,82% kategori tinggi. Secara keseluruhan upaya peningkatan kompetensi profesionalisme guru IPS SMP Negeri di Kabupaten Jember sebesar 71,34 termasuk dalam kategori tinggi. Kata Kunci: Kompetensi Profesionalisme, Guru IPS UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/5833