TY - JOUR AU - Sarifah, Nurus AU - Sukidin, Sukidin AU - Hartanto, Wiwin PY - 2020/09/03 TI - PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR LIMA TAHUNAN (Studi di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Soebandi Kabupaten Jember) JF - JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial; Vol 14 No 2 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial)DO - 10.19184/jpe.v14i2.16516 KW - N2 - Kepatuhan wajib pajak menjadi kunci dalam meningkatkan penerimaan pajak, apabila kepatuhan dari wajib pajak meningkat maka secara tidak langsung juga akan memperbesar penerimaan negara dari sektor pajak. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak yaitu kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayarkan pajak kendaraan bermotor lima tahunan di Kantor Bersama Samsat Soebandi Kabupaten Jember, baik itu secara simultan maupun parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan obsevasi.Uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji normalitas, uji multikolonearitas, uji heteroskedastisitas.Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji t, uji F, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh kesadararan wajib pajak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, dengan nilai t hitung = 7,173 > t tabel =1,985. Pada variabel kualitas pelayanan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai t hitung = 2,681 > t tabel =1,985. Sedangkan, secara simultan kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor lima tahunan di Kantor Bersama Samsat Soebandi Kabupaten Jember. Dengan nilai perbandingan F hitung =77,898> F tabel = 3,089.  Dimana  kontribusi sebesar 61,6%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/16516