TY - JOUR AU - fatwa, rachmad yanuar AU - Wahyuni, Sri AU - Djaja, Sutrisno PY - 2019/09/19 TI - PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen Waroeng Biru Daun Di Kabupaten Situbondo) JF - JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial; Vol 13 No 2 (2019): September 2019DO - 10.19184/jpe.v13i2.11132 KW - N2 - Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin pesat, kebutuhan pendudukpun semakin meningkat, khususnya kebutuhan terhadap makanan. Salah satu alternatif adalah rumah makan atau restoran . Faktor yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen salah satunya adalah kualitas pelayanan yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Konsumen Waroeng Biru Daun di Kabupaten Situbondo. Kualitas pelayanan pada penelitian ini terdiri dari bukti fisik, ketanggapan, kehandalan, jaminan, empati. Sedangkan untuk kepuasan konsumen terdiri dari melakukan pembelian kembali, merekomendasikan kepada orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah 45 reseponden. Uji instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas. Metode analisis data yang digunakan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi linier sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, efektivitas garis regresi, standart eror of estimate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaru terhadap kepuasan konsumen sebesar 67,5%. UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/11132