An Investigation of the First Year Students’ Common Writing Problemsthrough Self Report Paragraph: A Reflection

  • asih Santihastuti FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. penelitian ini bertujuan untuk membahas kesulitan-kesulitanyang dihadapi oleh para mahasiswa semester pertama FKIP Bahasa InggrisUniversitas Jember dalam menulis komposisi bahasa Inggris di dalam kelas.subyek penelitian ini adalah 37 mahasiswa Writing 1. Data diambil dari tugasakhir yang berupa paragraf yang berisi permasalahan mahasiswa yang palingmenyulitkan ketika mereka menulis dalam bahasa Inggris. Hasil penelitian inipula dipakai sebagai refleksi pembelajaran bagi guru selama satu semesterpembelajaran writing 1. Berdasarkan hasil analisa dari paragraph yang ditulismahasiswa didapatkan enam jenis permasalahan paling pokok yang dirasa sangatmenyulitkan bagi mahasiswa ketika menulis bahsa Inggris. Kosakata (vovabulary),struktur bahasa Inggris (grammar), ide pokok (main idea),  isi (content), organisasi ide (organization),dan permasalahan psikologi penulis (writer’s block) adalah enam hal yang dirasamahasiswa sangat menyulitkan mereka dalam proses menulis. Dengan mengetahuipermasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa dapat memberikan input yang sangatberguna bagi guru dalam mempersiapkan materi pembelajaran pada pembelajaranberikutnya sekaligus dapat membantu para mahasiswa meningkatkan kemampuanmenulis mereka. Kata kunci: permasalahan menulis, paragraf,mahasiswa baru, persepsi siswa,

Author Biography

asih Santihastuti, FKIP UNEJ
An Investigation of the First Year Students’ Common Writing Problemsthrough Self Report Paragraph: A Reflection Asih Santihastuti
Published
2013-06-01
How to Cite
SANTIHASTUTI, asih. An Investigation of the First Year Students’ Common Writing Problemsthrough Self Report Paragraph: A Reflection. Jurnal Pengembangan Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 1, june 2013. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JP2/article/view/884>. Date accessed: 16 dec. 2019.
Section
Articles