LEXEMIC REPRESENTATION OF ENGLISH PHRASALVERBS FROM THE PERSPECTIVE OF MULTILINGUAL LEARNERS IN THE PROCESS OF ACQUIRING NEW PHRASAL VERBS

  • Hari Supriono FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Kajian frasa kata kerja dalam BahasaInggris yang merupakan komponen penting dalam pembelajaran kosa katamempersyaratkan para pelajar memiliki pemahaman yang memadai akan betaparumitnya memahami leksikon. Dari kaca mata pelajar berlatar-belakangmulti-bahasa, kajian semacam ini akan terhalang oleh adanya perbedaanrepresentasi leksikon dari bahasa pertama ke bahasa kedua dan sebaliknya. Karyatulis ini mencoba menggunakan representasi skematik dari leksikon guna memilahfrasa kata kerja ke dalam beberapa tingkatan kesukaran setelah diperbandingkandengan perwujudan dari lexeme-nya dalam bahasa pertama (Bahasa Indonesia).Pemilahan ini diharapkan bisa digunakan untuk menarik kesimpulan terkaitpemerolehan frasa kata kerja dan, selanjutnya, terkait pengajaran frasa kata kerjaBahasa Inggris sebagai bahasa asing. Lebih lanjut, pentingnya pemahaman akanbahasa pertama bisa menempatkan para pengajar Bahasa Inggris yang bukan penuturasli Bahasa Inggris pada status dan penghargaan yang semestinya seperti yangdisuarakan oleh pendukung paradigma World Englishes, yang berpandangan bahwatujuan belajar Bahasa Inggris adalah terbangunnya kemampuan berkomunikasilintas budaya menggunakan Bahasa Inggris sebagai lingua franca. Keywords: lexicon,phrasal verbs, communication, World Englishes.

Author Biography

Hari Supriono, FKIP UNEJ
LEXEMIC REPRESENTATION OF ENGLISH PHRASALVERBS FROM THE PERSPECTIVE OF MULTILINGUAL LEARNERS IN THE PROCESS OF ACQUIRING NEW PHRASAL VERBS  Hari Supriono
Published
2012-12-01
How to Cite
SUPRIONO, Hari. LEXEMIC REPRESENTATION OF ENGLISH PHRASALVERBS FROM THE PERSPECTIVE OF MULTILINGUAL LEARNERS IN THE PROCESS OF ACQUIRING NEW PHRASAL VERBS. Jurnal Pengembangan Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 2, dec. 2012. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JP2/article/view/870>. Date accessed: 07 dec. 2019.
Section
Articles