Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Langkah Penyelesaian POLYA
Abstract
Banyak siswa beranggapan bahwa mengerjakan soal cerita matematika cukup sulit, sehingga banyak yang melakukan kesalahan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dan faktor penyebab terjadinya kesalahan mengerjakan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian Polya. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ialah siswa kelas IV dengan jumlah 25 orang. Metode pengumpulan data adalah tes dan wawancara, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan validitas tes, uji reliabilitas, dan persentase dari setiap jenis kesalahan. Hasil penelitian dari beberapa tahapan menurut Polya terbagi menjadi empat yaitu tahap memahami masalah (persentase kesalahan 3,24%), tahap menyusun rencana (persentase kesalahan 5,52%), tahap melaksanakan rencana (persentase kesalahan 8,8%), dan tahap memeriksa kembali (persentase kesalahan 8,28%). Beberapa faktor terjadinya kesalahan dari semua tahapan adalah kurang teliti, tidak memahami bahasa soal, terburu-buru, kurang memahami penjelasan guru, tidak terbiasa membuatnya, tidak membuat kesimpulan, cara yang digunakan salah, dan tidak mengerjakan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.