Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Langkah Penyelesaian POLYA

  • Khumairatus Shalihah Universitas Jember

Abstract

Banyak siswa beranggapan bahwa mengerjakan soal cerita matematika cukup sulit, sehingga banyak yang melakukan kesalahan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dan faktor penyebab terjadinya kesalahan mengerjakan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian Polya. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ialah siswa kelas IV dengan jumlah 25 orang. Metode pengumpulan data adalah tes dan wawancara, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan validitas tes, uji reliabilitas, dan persentase dari setiap jenis kesalahan. Hasil penelitian dari beberapa tahapan menurut Polya terbagi menjadi empat yaitu tahap memahami masalah (persentase kesalahan 3,24%), tahap menyusun rencana (persentase kesalahan 5,52%), tahap melaksanakan rencana (persentase kesalahan 8,8%), dan tahap memeriksa kembali (persentase kesalahan 8,28%). Beberapa faktor terjadinya kesalahan dari semua tahapan adalah kurang teliti, tidak memahami bahasa soal, terburu-buru, kurang memahami penjelasan guru, tidak terbiasa membuatnya, tidak membuat kesimpulan, cara yang digunakan salah, dan tidak mengerjakan.

Published
2022-11-17
How to Cite
SHALIHAH, Khumairatus. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Langkah Penyelesaian POLYA. Journal of Mathematics Education and Learning, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 293-300, nov. 2022. ISSN 2797-0752. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JOMEAL/article/view/35229>. Date accessed: 18 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i3.35229.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.