Komparasi Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Shift 1 dan Shift 2

  • Hasna Nur Azizah Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Dewi Susilowati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Andhika Ayu Wulandari Universitas Veteran Bangun Nusantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat motivasi belajar siswa antara pembelajaran tatap muka shift 1 dengan shift 2 kelas X MIPA SMA Negeri 2 Sukoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap motivasi belajar. Adapun teknik analisis data menggunakan uji z dengan uji prasyarat normalitas pada signifikan 5%. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan tingkat motivasi belajar siswa antara pembelajaran tatap muka shift 1 dan shift 2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil  zhitung = 3,520  > ztabel = 1,96 pada α = 0.05,  sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022 pada pembelajaran shift 1 dan shift 2. Dilihat dari rataan marginal  motivasi belajar siswa shift 1 (70,6852) lebih tinggi dari motivasi belajar siswa shift 2 (65,7925).

References

Amna, Emda. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal Volume 5 (2), 93 – 196. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/2838/2064
Elmirawati, Daharnis, S. (2013). Hubungan Antara Aspirasi Siswa dan Dukungan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling Volume 2 (1), 107-113. https://doi.org/10.24036/0201321871-0-00
Farahsanti, Isna, dan Annisa Prima Exacta. (2016). Pendekatan Pembelajaran
Kognitif dengan Media Flash Swishmax pada Pembeajaran Matematika
SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Vol. 2, No.2. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/205
Hidajat, D., Susilowati, D., & Wulandari, A. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Miniatur Mobil Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 14-22. http://www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/74
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Penelitian. Bandung : Alfabeta
Kairiusta,dkk. (2021). Dampak Sistem Pembelajaran Shift Bagi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMAN 6 Bengkulu. Jurnal Pendidikan Sejarah Volume 6 (2), 15-23. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ph/article/view/28051/16667
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lolombulan, Julius H. (2017). Statistika bagi Peneliti Pendidikan. Yogyakarta : Andi
Margono, S. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Oemar, U., & Syaputra, D. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Angkatan 2016 Pada Stie Rahmaniyah Sekayu. Jurnal Manajemen Kompeten, 2(1), 74-93. https://doi.org/10.51877/mnjm.v2i1.73
Onde et al. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400-4406. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok (online). Jurnal SAP Volume 1(2), 206-216. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1027
Sasami, N. A., Hadiprasetyo, K., & Astutiningtyas, E. L. (2021). Analisis Tingkat Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika. Absis: Mathematics Education Journal, 3(2), 67-75. https://doi.org/10.32585/absis.v3i2.831
Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/Menkes/424/2021, Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.
Uno. H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis dibidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).http://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/download/2281/1798
Zuhairi, et.al. (2016). Pedoman Penelitian Karya Ilmiah. Jakarta : Rajawali Pers.
Published
2022-11-17
How to Cite
AZIZAH, Hasna Nur; SUSILOWATI, Dewi; WULANDARI, Andhika Ayu. Komparasi Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Shift 1 dan Shift 2. Journal of Mathematics Education and Learning, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 264-270, nov. 2022. ISSN 2797-0752. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JOMEAL/article/view/32316>. Date accessed: 27 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i3.32316.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.