Peranan Alat Peraga Rona Terhadap Peningkatan Keaktifan Siswa dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada PTMT

  • Rustanti Widyaningrum Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Herry Agus Susanto Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Andhika Ayu Wulandari Universitas Veteran Bangun Nusantara

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan alat peraga Rona (Roda Turunan Aljabar) terhadap peningkatan keaktifan siswa dan prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 tahun ajaran 2021/2022. Setiap siklus penelitian ini meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil tingkat keaktifan siswa pra siklus berada pada 64,81% dengan nilai rata-ratanya 72,53. Kemudian tingkat keaktifan siswa siklus 1 berada pada 72,62% dengan nilai rata-ratanya 71,97. Sedangkan tingkat keaktifan siswa siklus 2 berada pada 78,34% dengan nilai rata-ratanya 87,86. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Alat Peraga Rona (Roda Turunan Aljabar) dapat memberikan peranan untuk meningkatan keaktifan siswa dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Jatisrono pada pembelajaran tatap muka terbatas tahun ajaran 2021/2022.

References

Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 234–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2234
Adirestuty, F. (2017). Pengaruh Self-Efficacy Guru dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Wahana Pendidikan, 4,1(2007), 110493.
Daniatun, R., & Nasihin, M. (2022). Media Ludopoli pada Materi Aritmatika Sosial dalam Melejitkan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11, 13–24.
Hidajat, D., Susilowati, D., & Wulandari, A. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Miniatur Mobil Terhadap Influence of Using Car Miniatur on Student ’ S. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 14–22.
Jagom, Y. O., & Uskono, I. V. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga berbahan beka terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. 5(3), 212–216.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia.
Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. Maju, 5(2), 130–141.
Niis, L., Moensaku, Y., Fallo, F., Pala, A., Tahoni, Y., Metboki, Y. S., & Metboki, M. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN Bestobe Menggunakan Alat Peraga Pecahan. Jurnal Kependidikan Matematika, 2 No 1, 1–10.
Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.840
Nurhasanah. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Sebagai Sumber Belajar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika. Jurnal Studi Pendidikan PEMANFAATAN, 1–12.
Ode, L., Aswat, H., Sari, E. R., Meliza, NurOde, L., Aswat, H., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Pramono, T. (2017). Mengoptimalkan Penggunaan Alat Peraga Dalam Setiap Kegiatan Pembelajaran. Seminar Nasional 2017 “Menjadi Pembelajar Sepanjang Hayat Dengan Literasi Sebagai Upaya Memajukan Pendidikan Anak Bangsa,” 1689–1699. http://repository.upy.ac.id/1814/2/23. T. Pramono.pdf
Rusmawati. (2017). Penggunaan Alat Peraga Langsung pada Pembelajaran Matematika dengan Materi Pecahan Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 307–314. http://103.193.19.206/index.php/suaraguru/article/view/3607/2128
Sani, R. A., Priyatno, W., & Hodriani. (2020). Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas (P. Latifah (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.
Sari, R. J., & Utomo, A. P. (2019). Peningkatan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa SMPN 1 Mayang Kelas IX. ScienceEdu, II(1), 80. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11797
Sholikhah, Z., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(1), 35. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.908
Zakiah, I. R., Prasetyo, K. H., & Astutiningtyas, E. L. (2019). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. ABSIS: Mathematics Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.32585/absis.v1i2.362
Published
2022-11-17
How to Cite
WIDYANINGRUM, Rustanti; SUSANTO, Herry Agus; WULANDARI, Andhika Ayu. Peranan Alat Peraga Rona Terhadap Peningkatan Keaktifan Siswa dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada PTMT. Journal of Mathematics Education and Learning, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 253-263, nov. 2022. ISSN 2797-0752. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JOMEAL/article/view/32306>. Date accessed: 19 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i3.32306.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.