Analisis Model Pembelajaran Novick terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik

  • Nadia Eka Putri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Syaiful Anwar Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung
  • Sri Purwanti Nasution Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung

Abstract

Abstrak. Konsep Matematika saling berhubungan. Namun belakangan ini muncul fakta bahwa kemampuan pemahaman konsep masih rendah. Sehingga diperlukan penerapan strategi pembelajaran baru untuk melatihnya, yaitu model pembelajaran Novick. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi kubus dan balok yang menggunakan model pembelajaran Novick lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen, desainnya nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Bhakti Pemuda, Tanjung Bintang , dengan sampel siswa kelas VIIIA (32 siswa) dan kelas VIIIB (31 siswa). Instrumen berupa tes uraian, tentang kemampuan pemahaman konsep sebanyak 8 butir pertanyaan.  Hasil penelitian memperlihatkan rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 54,97 dan siswa kelas kontrol sebesar 45,27. Hasil dari uji Anakova data posttest diperoleh . Artinya, kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran Novick lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.


 


Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran, Novick


Abstract. Mathematical Concepts are interconnected. However, recently the fact emerged that the ability to understand concepts is still low. So it is necessary to apply a new learning strategy to train it, namely the Novick learning model. The purpose of this study was to investigate whether students' conceptual understanding skills on cube and block material using the Novick learning model were higher than students using conventional learning. The method used is quantitative with a quasi-experimental type, the design is nonequivalent posttest-only control group design. The population of the study was class VIII SMP Bhakti Pemuda, Tanjung Bintang, with samples of class VIIIA (32 students) and class VIIIB (31 students). The instrument is in the form of a description test, about the ability to understand concepts as many as 8 questions. The results showed that the average value of the concept understanding ability of the experimental class students was 54.97 and the control class students were 45.27. The results of the Ananova test for posttest data obtained  . That is, the ability to understand concepts of students who use the Novick learning model is higher than students who use conventional learning.


Keywords: Concept Understanding, Learning Model, Novick

References

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.
Andriani, Siska. 2015. “Evaluasi CSE-UCLA Pada Studi Proses Pembelajaran Matematika”. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 6(2):167–76.
Ayuningsih, Linda. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs Al-Muhajjirin Panjang Tahun Ajaran 2018/2019”. UIN Raden Intan Lampung.
Ditasona, Candra. 2013. “Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Siswa SMA.” Universitas Pendidikan Indonesia.
Emzir, Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Margono, Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ratnasari, Nining, Nilawati Tadjudin, Muhamad Syazali, Mujib Mujib, dan Siska Andriani. 2018. “Project based learning (PjBL) Model On The Mathematical Representation Ability”. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 3(1):47–53.
Rezeki, Sri. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 1(3).
Sadia, I. Wayan. 2004. “Efektivitas Model Konflik Kognitif Dan Model Siklus Belajar Untuk Memperbaiki Miskonsepsi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika”. Jurnal pendidikan dan pengajaran 37(3):40–85.
Satria, Aditia Rangga. 2016. “Petiga Dimensi Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Perhitungan Termasuk Yang Berkaitan Dengan Uang Siswa Kelas III SDN 3 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten ngaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Didukung Media.” Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.(Cet. XV). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitati,Kualitatif Dan Rnd. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, Najmawati. 2012. “Efektivitas Model Pembelajaran Novick Dalam Pembelajaran Kimia Kelas XII IA2 SMAN 1 Donri-Donri (Studi Pada Materi Pokok Gugus Fungsi)”. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia 13(2):67–73.
Sunita, Ni Wayan. 2019. “Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (Mea) Dengan Mengontrol Adversity Quotient”. Prosiding Senama PGRI 1:60–70.
Suroyya, Dian Nailis, dan Rochmad Rochmad. 2015. “Studi Komparasi Pembelajaran Novick Dan Group Investigation Terhadap Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII Materi Geometri”. Unnes Journal of Mathematics Education 4(1).
Published
2022-03-30
How to Cite
PUTRI, Nadia Eka; ANWAR, Syaiful; NASUTION, Sri Purwanti. Analisis Model Pembelajaran Novick terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik. Journal of Mathematics Education and Learning, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 57-63, mar. 2022. ISSN 2797-0752. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JOMEAL/article/view/30372>. Date accessed: 13 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.30372.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.