Systematic Literature Review (SLR): Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional

  • Desi Fitriani Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Aan Putra Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Abstract

Etnomatematika merupakan suatu kajian yang meneliti cara sekelompok orang pada budaya tertentu dalam memahami, mengekspresikan, dan menggunakan konsep-konsep serta praktik-praktik kebudayaannya yang digambarkan oleh peneliti sebagai sesuatu yang matematis. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature review terkait eksplorasi etnomatematika pada makanan tradisional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi semua artikel yang memiliki penelitian serupa pada laporan penelitian. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 15 artikel jurnal nasional yang diperoleh dari database google scholar dengan menggunakan aplikasi Harzing’s Publish or Perish. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa makanan tradisional dalam etnomatematika lebih dominan dalam materi geometri seperti bangun datar dan bangun ruang serta juga terdapat pada pola bilangan. Berdasarkan kajian literature yang dilakukan makanan tradisional dalam etnomatematika dapat dikembangkan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika.

Published
2022-03-30
How to Cite
FITRIANI, Desi; PUTRA, Aan. Systematic Literature Review (SLR): Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional. Journal of Mathematics Education and Learning, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 18-26, mar. 2022. ISSN 2797-0752. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JOMEAL/article/view/29093>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.29093.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.