Analisis Problematika Pembelajaran Daring Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Sejak terdeteksinya virus corona di Indonesia memberikan dampak terhadap berbagai sektor bidang terutama pendidikan. Kementerian pendidikan dan kebudayaan Indonesia telah menetapkan Surat Edaran Menteri Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Pandemi membuat pelaku pendidikan menjadi lebih dekat dengan aplikasi pembelajaran. Tentunya hal tersebut merupakan tantangan bagi pelaku pendidikan dalam pembelajaran daring. Berdasarkan hal tersebut peneliti mempunyai tujuan untuk menganalisis problematika pembelajaran daring mahasiswa pada masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskreptif. Hasil dan pembahasan penelitian ini diperoleh dengan angket kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran daring yaitu: sarana prasarana yang kurang mendukung, ketidakmampuan mahasiswa untuk belajar secara mandiri, rendahnya motivasi belajar mahasiswa.
References
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Cahyani A., Iin D. L., & Sari P. D. L. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ(Ilmu Al-Quran): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Dwi, W. M. (2020). RESPON MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. STEAM Engginering (Journal of Science, Technology, Education And Mechanical Engginering), 2(1), 23-30.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175.
https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
Harizah, N, Z., Ika, C, S., & Rita, E., (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(4), 1840-1846. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1051
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Haryadi, R. & Fitria S. (2021). PROBEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(2), 254-261.
Hutauruk, A. & Ropinus S. Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualitatif Deskriptif. SEPREN; Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 45-51.
Jaelani, A., dkk. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka Dan Observasi Online). Jurnal IKA, 8 (1), Juni 2020.
Juliya, M & Yusuf, T.H. (2021). ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. GENTA MULIA, XII (1), 281-294.
Kadir, A. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri No. 01/KB/2021, No. 516 Tahun 2020, No. HK.03.01/Menkes/363/2020, dan No. 440-882 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di masa Covid-19.
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Nomor 3451 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pembelajaran PAI di Sekolah Pada Masa Kebiasaan Baru.
Kompyang, S.W. (2021). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja, 24(1), 107-118.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.
Margono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Miftahul, A, B., (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Educational Research in Indonesia (Edunesia), 2(1), 208-218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Moleong, L.J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Ota, M.K. Djou, A.M.G., & Numba, F. F. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VII SMPN 1 ENDE SELATAN, KABUPATEN ENDE. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(1), 74-81.
https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769
Rezky, M. (2020). “Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks". Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 40-47.
Sinerjaya & Awaludin F. (2021). Analisis Kesulitan pembelajaran Daring dengan Whatsapp. Jurnal MathEducation Nusatara, 4(2), 24-32.
Sri, W. H. & Sukarddin. (2021). Pembelajaran berbasis Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di isbud Sarea: Problematika, Pemecahan Masalah, dan Harapan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4407-4414. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1344
Susani, Arie. (2020). Layanan Pembelajaran di Rumah saat Pandemi Covid-19 dalam Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Bahasa Inggris (e-book). Jakarta: Kemdikbud.
Susilowati. (2020). Pengalaman Baik Pembelajaran di Rumah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 6 Semarang dalam Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (ebook). Jakarta: Kemdikbud.
Tya, A. P.D &Arief S. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal BASICEDU, 5(4), 1909-1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.