Efektivitas Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V Materi Pecahan
Abstract
Penelitian sebelumnya menunjukkan kemampuan berpikir matematis siswa tidak sesuai dengan prediksi, maka penelitian ini terinspirasi dari temuan tersebut. Pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing merupakan salah satu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematis. Masalah penelitian ini adalah untuk melihat apakah metode penemuan terbimbing lebih efektif daripada metode konvensional dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah kemampuan penalaran matematis siswa meningkat akibat penggunaan metode pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu yang menggabungkan dua jenis pembelajaran: pembelajaran penemuan terbimbing dan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, partisipan adalah siswa kelas atas di MIS Setia Bhakti Trawas Kabupaten Mojokerto. Purposive sampling digunakan, dan dua kelas dikumpulkan sebagai sampel penelitian. Sebuah ujian kemampuan penalaran matematis digunakan sebagai alat penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran penemuan terbimbing lebih meningkatkan kemampuan penalaran matematisnya dibandingkan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional
References
Effie Efrida Muchlis. “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas II SD Kartika”. Jurnal Exact. Vol. X, No. 2, Desember 2012, hal 136.
National Council of Teachers of Matematics (NCTM), Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: Author, 2000, hal 29
Hidayati dkk, Proses Penalaran Matematis siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara. Volume 01. No. 02, 2015, hal 132
Hasil wawancara dengan guru
OECD, Programme for International Assesment (PISA) Results from PISA 2018, Vol. IIII, 2019, Hal. 2
Saleh Haji, dkk, Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan soal-soal PISA (Programme for International Student Assesment) di SMP Kota Bengkulu, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol 03,(Bengkulu:2018), hal 180
Murtiyasa, Budi, Isu-Isu Kunci dan Tren Penelitian Pendidikan Matematika. Makalah. Disampaikan pada Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta. Dirjen Pendidikan Tinggi. Depdiknas. Hal 2-3
Edy purwanto, Metode Penelitian Kuantitatif (Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2013), hal 103
Richard R Hake, Analyzing Change/Gain Scores (Indiana:Indiana University,1999) diakses dari www.physic.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-gain.pdf pada tanggal 20 maret 2021