Analisis Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring Tahun Akademik 2020/2021
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Veteran Bangun NusantaraSukoharjo, bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika dalam pembelajaran daring tahun akademik 2020/2021 dan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar mahasiswa pada setiap indikatornya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket atau kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Matematika semester VI Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo tahun akademik 2020/2021 dalam pembelajaran daring termasuk ke dalam kategori sedang. Dengan persentase motivasi belajar mahasiswa pada setiap indikatornya termasuk ke dalam kategori cukup.
References
Kartika, A. (2018). Model Pembelajaran Daring. Journal of Early Childhood Care & Education, 27.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 03, 102.
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam
Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok (online). Jurnal SAP 1(2), 206-216.
Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sidiq, U., dan Choiri, M.M. (2019) Metode Peneltian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.