Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Veteran 1 Sukoharjo
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Veteran 1 Sukoharjo, dengan tujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.. Subjek penelitiannya yaitu wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru matematika, dan siswa kelas XI MIPA 1. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu pembelajaran daring menggunakan RPP daring 1 lembar, memanfaatkan google classroom, dengan tahapan pembelajarannya presensi, penyampaian materi, latihan soal/tugas. Siswa dan guru mendapatkan kuota internet dari pemerintah, dan disediakan wifi di sekolah. Aspek penilaiannya yaitu kognitif, keterampilan, dan sikap. Faktor yang mendukung yaitu peran orang tua, ketersediaan sarana dan prasarana, dan semangat belajar, sedangkan yang menghambat yaitu tidak tersedianya handphone, kuota, dan jaringan internet.
References
Ananda, R. (2019). Dr. Rusydi Ananda, M.Pd.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Basri, H. (2015). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. CV Pustaka Setia.
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Universitas Hamzanwadi Press.
Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. PT Bumi Aksara.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Family Practice, 8(3), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Hidayati, Y. M., & Septiani, T. (2015). Studi kesiapan guru melaksanakan kurikulum 2013 dalam pembelajaran berbasis tematik integratif di sekolah dasar se kecamatan colomadu tahun ajaran 2014/2015. Profesi Pndidikan Dasar, 2, 49–58.
Mz, A. B., & Hamid, A. (2020). Jurnal Pendidikan Islam Vol. 8 No.3 Januari – Juni 2020. 8(3), 1–14.
Novita, H. (2020). Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Unimed Medan, June, 1–11. https://www.researchgate.net/profile/Diana-Novita/publication/341830562
Purwati, H., & Nugroho, A. A. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Mata Kuliah Program Linear. JIPMat, 1(2), 127–134. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1239
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Simarmata, Y. M. U. (2015). Implementasi Kebijakan Pelarangan dan Penghapusan Bentuk-Bentuk Pekerjaan Terburuk Bagi Pekerja Anak di Kota Bandung. 3–15.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Wulandari, A. A., Astutiningtyas, E. L., & Susilowati, D. (2017). Penggunaan Magic Button Sebagai Media Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 2(2), 25. https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i2.203