Efektivitas Penerapan E-Modul dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan Masa Pandemi

  • Sayekti Nur Puspitasari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Suyono Suyono Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Erika Laras Astutiningtyas Universitas Veteran Bangun Nusantara

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran online menjadi tantangan bagi para guru matematika dalam memberikan materi pola bilangan kepada siswa. E-Modul merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembuatan E-Modul dan efektivitas penerapan E-Modul dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket dan wawancara. subjek penelitian siswa kelas VIII SMP N 2 Tawangsari. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa persentase rata–rata tiap aspek respon siswa terhadap penerapan E-Modul dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII pada materi pola bilangan termasuk dalam kategori baik, yang artinya para siswa setuju dengan adanya penerapan E-Modul dalam meningkatkan pemahaman pada materi pola bilangan.

References

Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9–20.
Alfalathi, S. A., Fanzy, B. Y., & Muharomah, E. Y. (2020). Keterampilan Sosial Siswa Smp Negeri 27 Bekasi. Jurnal Obor Penmas, 3(1), 193.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.
Marion, Zulkardi, & Somakim. (2015). Desain Pembelajaran Pola Bilangan Menggunakan Model Jaring Laba-Laba Di Smp. Jurnal Kependidikan, 45(1), 44–61. https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7185
Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(2), 155–165. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/129
Nur, R. (2013). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA Oleh: Nur Rahmah. Al-Khawarizmi, 2, 1–10.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Prasetyo, E. B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Savi Menggunakan Media Maket Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Atapdi Kelas Xii-Tgb 2 Smk Negeri Kudu. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2/JKPTB/17).
Prasetyo, Y. D., Yektyastuti, R., Solihah, M., Ikhsan, J., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Terhadap Peningkatan Motivasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), November, 252–258.
Rat Dwiyana Putra, I. D. G. (2019). Peran Kepuasan Belajar Dalam Mengukur Mutu Pembelajaran Dan Hasil Belajar. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 22. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.756
Resiani, N. K., Gede, A. A. A., & Jampel, I. N. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Vii Semester Genap Di Smp N 7 Singaraja Tahun Ajaran 2014 / 2015 Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha digunakan . Media disini sangat penting siswa. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10.
Satriawati, H. (2015). Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458
Published
2021-11-30
How to Cite
PUSPITASARI, Sayekti Nur; SUYONO, Suyono; ASTUTININGTYAS, Erika Laras. Efektivitas Penerapan E-Modul dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan Masa Pandemi. Journal of Mathematics Education and Learning, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 274-286, nov. 2021. ISSN 2797-0752. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JOMEAL/article/view/26773>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i3.26773.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.