Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. Hasil belajar siswa yang diukur hanya pada sub pokok bahasan sifat-sifat, luas, dan keliling segi empat. Soal untuk mengukur hasil belajar siswa merupakan soal materi tentang bangun datar segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi. Cara pengambilan sampel menggunakan teknil purpose sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Jember dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah Uji T (Independent Sample T-test). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (2,374 ≥ 1,670) untuk pengaruh metode pembelajaran mind mapping. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika. Pada pengaruh jenis kelamin diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (0,402 ≤ 1.692). Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak yang artinya tidak ada pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika.
Kata Kunci: metode pembelajaran mind mapping, jenis kelamin,hasil belajar