Permainan Tradisional Dalam Rangka Menstimulus Perkembangan Sosio Emosional Anak Selama Masa Pandemi Covid-19

  • Salsabila Deona Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Padang

Abstract

Pandemi  covid-19  belum  berakhir  hingga  saat  ini,  seluruh  dunia  termasuk  Indonesia masih dihantui  oleh virus ini. Peraturan biasa telah berubah tatanannya semenjak pand emi melanda dan hal ini juga berlaku pada dunia pendidikan. Pendidikan yang awalnya dilakukan dengan tatap muka kini dialihkan dengan belajar di rumah melalui metode daring. Pembelajaran daring juga diberlakukan pada PAUD. Anak yang biasanya bermain sambil belajar di sekolah bersama temannya kini tidak bisa dilakukan dengan bebas, interaksi anak dengan dunia luar dibatasi. Namun tanpa disadari pembatasan interaksi anak dengan dunia luar memiliki dampak bagi perkembangan sosio emosioal anak. Mulanya anak hanya merasa bosan namun jika dibiarkan berlarut akan mengakibatkan tekanan hingga depresi pada anak yang dapat mengganggu perkembangan sosio emosional anak. Dalam menanggapi permasalahan tersebut pada artikel ini peneliti akan membahas terkait perkembangan sosio emosional anak dan bagaimana cara menstimulus perkembangan sosio emosional anak dengan memanfaatkan permainan tradisional selama masa pandemic

Published
2021-09-30
How to Cite
DEONA, Salsabila. Permainan Tradisional Dalam Rangka Menstimulus Perkembangan Sosio Emosional Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 47-55, sep. 2021. ISSN 2622-2353. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/30816>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jlc.v5i2.30816.