Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Usia 15-18 Tahun Di Lingkungan II Kelurahan Dwikora Helvetia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perilaku konsumtif remaja di Lingkungan II Kelurahan Dwikora Helvetia (2) untuk mengetahui pemanfaatan media sosial remaja di Lingkungan II Kelurahan Dwikora Helvetia (3) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial Instagram terhadap perilaku konsumtif remaja. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel pemanfaatan media sosial instagram memiliki skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,17 yang tergolong pada kategori tinggi, artinya banyak remaja yang memanfaatkan media sosial instagram untuk mengikuti informasi dan perkembangan zaman. (2) variabel perilaku konsumtif remaja memiliki skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,10 yang tergolong pada kategori tinggi, artinya banyak remaja yang mengikuti perkembangan zaman sekarang sehingga menyebabkan prmborosan dan cenderung berperilaku konsumtif. (3) pemanfaatan media sosial instagram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif remaja usia 15-18 tahun di Lingkungan II Kelurahan Dwikora Helvetia