TY - JOUR AU - Hartinah, Siti AU - Imsiyah, Niswatul AU - Himmah, Irliana Faiqotul PY - 2019/03/29 TI - HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PARTISIPASI PESERTA MENGIKUTI PELATIHAN MENJAHIT GARMEN APPREAL DI UPT PELATIHAN KERJA JEMBER JF - Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah; Vol 3 No 1 (2019): Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar SekolahDO - 10.19184/jlc.v3i1.13524 KW - N2 - Pelatihan merupakan lembaga pendidikan nonformal yang sangat berperan dalam memberikan layanan pengetahuan, ketrampilan dan sikap bagi masyarakat. UPT Pelatihan Kerja Jember merupakan salah satu lembaga di Kabupaten Jember yang menyelenggarakan program pendidikan non formal di bidang pelatihan. jenis penelitian yang digunkan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan tempat penelitian menggunakan purposive area, teknik penetuan responden menggunakan populasi . Pengambilan data menggunakan angket atau koesioner dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang di bantu dengan menggunakan alat bantu SPSS (Statistical Pakcage For The Social Sciences) seri 24.0. adapun hasil korelasi hasil yang di peroleh yakni sebesar 0,555 atau 30,80% dengan katagori cukup untuk minat belajar dengan partisipasi peserta, 0,604 atau 36,48% dengan katagori tinggi untuk ketertarikan dengan partisipasi peserta, 0,526 atau 27,66% dengan katagori cukup untuk intensitas belajar dengan partisipasi peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara minat belajar dengan partisipasi peserta mengikuti pelatihan menjahit garmen appreal di UPT Pelatihan Kerja Jember. saran yang diberikan peneliti untuk tutor perlu adanya ketegasan dari tutor mengenai kehadiran peserta pelatihan. Tutor harus aktif memberikan nasehat agar peserta pelatihan hadir tepat waktu. Sebaiknya tutor mempertegas kepada peserta pelatihan agar dapat mengorganisir waktu pelatihan dengan baik sesuai jadwal, agar saat jam pelatihan selesai peserta pelatihan tidak menunda jadwal yang sudah ditentukan UR - https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/13524