Persamaan dan Perbedaan Implementasi Komponen Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka di Tingkat Sekolah Dasar

  • Daniar Rahmah Dinita Universitas Muhadi Setiabudi
  • Moh Toharudin Universitas Muhadi Setiabudi
  • Rila Melyana Fitri Universitas Muhadi Setiabudi

Abstract

Penelitian mengusung tujuan untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan implementasi komponen dari Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Studi ini menggunakan metode kualitatif guna memaparkan persamaan dan perbedaan implementasi komponen kedua kurikulum. Data penelitian dihimpun dengan kegiatan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Triangulasi sumber dan triangulasi teknik menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menyatakan persamaan juga perbedaan implementasi komponen Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka mengacu pada empat komponen kurikulum (tujuan, muatan materi, strategi, dan evaluasi pembelajaran), dimana penetapan tujuan merujuk pada kata kerja yang diturunkan, penyampaian materi melalui dukungan buku pemerintah, strategi belajar berorientasi pada partisipasi aktif siswa, serta evaluasi dilakukan secara menyeluruh. Perbedaan kedua kurikulum berupa tujuan pembelajaran Kurikulum 2013 merujuk pada indikator kompetensi dasar sedangkan Kurikulum Merdeka pada elemen capaian pembelajaran, muatan materi Kurikulum 2013 berbasis tematik sedangkan Kurikulum Merdeka berbasis mata pelajaran, strategi pembelajaran Kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran kooperatif sedangkan Kurikulum Merdeka dengan pembelajaran berbasis proyek, serta evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 berbasis aspek penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan sedangkan Kurikulum Merdeka berbasis asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif.

Published
2024-06-22
How to Cite
DINITA, Daniar Rahmah; TOHARUDIN, Moh; FITRI, Rila Melyana. Persamaan dan Perbedaan Implementasi Komponen Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 74-80, june 2024. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/48677>. Date accessed: 17 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i2.48677.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.