Teknik Akrostik Sebagai Inovasi Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar (Studi Literatur)
Abstract
Artikel ini memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan pada pembelajaran keterampilan menulis puisi di sekolah dasar bagi para guru. Banyaknya anggapan bahwa pembelajaran keterampilan menulis puisi terbilang sulit dan membutuhkan proses yang panjang memberikan tantangan tersendiri bagi para guru dalam pengaplikasiannya. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan deskriptif kualitatif melalui beberapa literatur yang diperoleh berdasarkan kefokusan materi. Teknik akrostik merupakan teknik yang memberikan kemudahan dalam keterampilan menulis puisi karena menyasar pada awal huruf secara vertikal yang nantinya akan tersusun menjadi sebuah kalimat inti. Berdasarkan 10 hasil studi literatur yang diperoleh, teknik akrostik dapat membantu para guru dan siswa di sekolah dasar dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan signifikan. Pembelajaran puisi tidak hanya mengenai pembelajaran yang terpaku pada buku. Penggunaan teknik akrostik dapat menjadi alternatif yang memberikan efek kesenangan pada siswa sekolah dasar, karena menjadi wahana baru untuk mereka dalam bersastra. Terkhusus teknik akrostik menjadi sarana pengantar pembelajaran dalam menulis puisi yang efektif dan memudahkan ide kata-kata dalam pembuatan puisi.