Optimalisasi Kompetensi Guru SD Melalui E-Book Berbasis Pertanian Lokal di Jember

  • Chumi Zahroul Fitriyah Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • Dyah Ayu Puspitaningrum Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • Zetti Finali Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • Fajar Surya Hutama Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk dalam bentuk e-book. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Ball yang terdiri dari 7 tahap, yaitu (1) tahap analisis kebutuhan; (2) tahap perancangan dan desain produk; (3) tahap produksi atau pelaksanaan pengembangan produk awal; (4) tahap validasi awal; (5) tahap revisi produk; (6) tahap uji coba produk; dan (7) tahap revisi dan penyebaran. Penelitian ini dilakukan di SDN Jember Lor 05 kelas IVA dan IVB. Hasil validasi dari keduanya mendapat skor sebesar 90, 8 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Selainjutnya dilakukan uji kelompok kecil dengan memperoleh skor di atas 80%, dan dinyatakan tidak ada revisi. Penghitungan tes hasil belajar peserta didik memperoleh persentase sebesar 82,93%. Hasil angket respon siswa diperoleh hasil sebesar sebesar 90,08, sehingga termasuk kategori sangat baik.


 

Published
2023-02-24
How to Cite
FITRIYAH, Chumi Zahroul et al. Optimalisasi Kompetensi Guru SD Melalui E-Book Berbasis Pertanian Lokal di Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 25-36, feb. 2023. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/35539>. Date accessed: 17 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v10i1.35539.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.