Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Kelas 3 Melalui Permainan Loncat Katak

  • Arfan Rahman Jayadi Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum optimalnya pemahaman siswa pada materi perkalian, dan pembagian, serta siswa masih merasa kesulitan pada saat menjawab dan menyelesaikan soal permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dalam memahami materi perkalian dan pembagian dengan menggunakan permainan lompat katak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tindakan kelas supaya bisa menerapkan, dan mengkaji hasil yang didapatkan secara langsung, disamping itu menggunakan metode survei untuk mengetahui perasaan yang dialami oleh siswa, dan juga menggunakan metode eksperimen supaya bisa mengetahui hasil permainan lompat katak pada pemahaman siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 4 Sindangsari dengan jumlah 18 orang. Instrumen pada penelitian ini dengan menggunakan lembar pretest, posttest, dan survei. Hasil dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa permainan lompat katak dapat membantu siswa dalam memahami konsep materi perkalian, dan pembagian, serta bisa mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Published
2023-02-28
How to Cite
JAYADI, Arfan Rahman. Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Kelas 3 Melalui Permainan Loncat Katak. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 1-11, feb. 2023. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/32380>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v10i1.32380.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.