Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPS Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SDN Wonosari 01 Bondowoso

  • Yolanda Bela Niar Universitas Jember
  • Chumi Zahroul Fitriyah Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • Dyah Ayu Puspitaningrum Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS tema 7 subtema 1 kelas IV SDN Wonosari 01 Bondowoso dengan mengimplementasikan model Problem Based Learning(PBL).Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB. Teknik penggumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Hasil uji-t dihitung dengan menggunakan SPSS versi 22, mendapatkan hasil rata-rata sebelum dan sebelum diberikan perlakuan. Rata-rata setelah diberi perlakuan IVB kelompok kelas eksperimen adalah 20.4545 dan rata-rata setelah diberi perlakuan IVA kelompok kelas kontrol adalah 8.4000. Menghitung hasil menggunakan uji-t berbantuan SPSS dan mendapatkan hasil adalah 6.377, yaitu diketahui db= (22 + 25) – 2 = 45 pada taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga nilai adalah 1.683 dan hasil uji-t adalah 6.377 1.683. Hasil uji keefektifan relatif adalah 83% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Data yang diperoleh dengan melakukan uji hipotesis pada taraf signifikan 5% atau 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu ≥ , maka pada hipotesis nihil pada () ditolak dan pada diterima yang artinya ada pengaruh positif dari penerapan model PBL terhadap hasil belajar IPS kelas IV pada tema 7 subtema 1 di SDN Wonosari 01 Bondowoso yang berarti adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model PBL terhadap hasil belajar IPS tema 7 subtema 1 kelas IV SDN Wonosari 01 Bondowoso


Kata Kunci : Berpikir Kritis. Pembelajaran Berbasis Masalah . Hasil Belajar.

Published
2022-06-29
How to Cite
NIAR, Yolanda Bela; FITRIYAH, Chumi Zahroul; PUSPITANINGRUM, Dyah Ayu. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPS Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SDN Wonosari 01 Bondowoso. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 127-135, june 2022. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/31752>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v9i2.31752.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.