Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Note-Taking Berbantuan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Di SDN Tegalwangi 04 Jember
Abstract
Penelitian dilatar belakangi adanya kekurang maksimalan proses pembelajaran, terutama untuk pembelajaran tema 7 tentang peristiwa dalam kehidupan di SDN Tegalwangi 04 Jember yang disebabkan karena belum diterapkannya metode pembelajaran yang atraktif untuk siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertolak dari masalah : “adakah pengaruh metode pembelajaran guided note-taking berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan di SDN Tegalwangi 04 Jember?”. Untuk memecahkan masalah penelitiian tersebut, desain quasi eksperimental dengan pola non-equivalent control group yang diterapkan dalam penelitian. Subjek penelitian sejumlah 44 siswa kelas V SDN Tegalwangi 04 Jember yag terbagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Test hasil belajar dilakukan untuk pengumpulkan data utama. Setelah data terkumpul secara lengkap, kemudian dianalisis dengan t-test. Hasil analisis t-test memperlihatkan thitung > ttabel untuk db=42 untuk ranah kognitif yaitu sebesar 4,505 > 0,297 untuk taraf signifikan 0,05. Hasil t-test tersebut digunakan untuk menguji hipotesis nihil penelitian yang berbunyi “tidak ada pengaruh metode pembelajaran guided note-taking berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan di SDN Tegalwangi 04 Jember”. Setelah dilakukan uji hipotesis dapat diambillah kesimpulan bahwa hipotesis tersebut ditolak, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran guided note-taking berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan di SDN Tegalwangi 04 Jember.