Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Note-Taking Berbantuan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Di SDN Tegalwangi 04 Jember

  • Niluh Putu Tisma Virapatni Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • M Sulthon Masyhud Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • Fajar Surya Hutama Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Penelitian dilatar belakangi adanya kekurang maksimalan proses pembelajaran, terutama untuk pembelajaran tema 7 tentang peristiwa dalam kehidupan di SDN Tegalwangi 04 Jember yang disebabkan karena belum diterapkannya metode pembelajaran yang atraktif untuk siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertolak dari masalah : “adakah pengaruh metode pembelajaran guided note-taking berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan di SDN Tegalwangi 04 Jember?”. Untuk memecahkan masalah penelitiian tersebut, desain quasi eksperimental dengan pola non-equivalent control group yang diterapkan dalam penelitian. Subjek penelitian sejumlah 44 siswa kelas V SDN Tegalwangi 04 Jember yag terbagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Test hasil belajar dilakukan untuk pengumpulkan data utama. Setelah data terkumpul secara lengkap, kemudian dianalisis dengan t-test. Hasil analisis t-test memperlihatkan thitung > ttabel untuk db=42 untuk ranah kognitif yaitu sebesar 4,505 > 0,297 untuk taraf signifikan 0,05. Hasil t-test tersebut digunakan untuk menguji hipotesis nihil penelitian yang berbunyi “tidak ada pengaruh metode pembelajaran guided note-taking berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan di SDN Tegalwangi 04 Jember”. Setelah dilakukan uji hipotesis dapat diambillah kesimpulan bahwa hipotesis tersebut ditolak, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran guided note-taking berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 7 peristiwa dalam kehidupan di SDN Tegalwangi 04 Jember.

Published
2022-10-31
How to Cite
VIRAPATNI, Niluh Putu Tisma; MASYHUD, M Sulthon; HUTAMA, Fajar Surya. Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Note-Taking Berbantuan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Di SDN Tegalwangi 04 Jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 9, n. 3, p. 284-293, oct. 2022. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/25854>. Date accessed: 29 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v9i3.25854.