Efektivitas Penggunaan Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Pembelajaran Daring Siswa Kelas IVB Tema 7 di SDN Jember Kidul 04
Abstract
Fenomena COVID-19 yang muncul di Indonesia mengharuskan belajar di rumah melalui metode pembelajaran dalam jaringan (daring). Aplikasi yang dipakai sebagai sarana diskusi pembelajaran daring di SDN Jember Kidul 04 adalah whatsapp. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan whatsapp sebagai sarana diskusi pembelajaran daring siswa kelas IVB di SDN Jember Kidul 04. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif karena untuk mengetahui nilai pada variabel mandiri yaitu efektivitas penggunaan whatsapp tanpa membandingkan atau menghubungkan dengan variabel lain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan satu kelas yaitu kelas IVB SDN Jember Kidul 04 sebagai sampel penelitian yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan whatsapp sebagai sarana diskusi pembelajaran daring siswa kelas IVB tema 7 di SDN Jember Kidul 04 dapat dikatakan efektif diukur menggunakan 3 indikator yaitu intensitas, komunikasi dan kepuasan.