Efektivitas Penggunaan Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Pembelajaran Daring Siswa Kelas IVB Tema 7 di SDN Jember Kidul 04

  • Sefyn Dwi Candra Nurwahyu Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • Suhartiningsih Suhartiningsih Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia
  • Zetti Finali Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Fenomena COVID-19 yang muncul di Indonesia mengharuskan belajar di rumah melalui metode pembelajaran dalam jaringan (daring). Aplikasi yang dipakai sebagai sarana diskusi pembelajaran daring di SDN Jember Kidul 04 adalah whatsapp. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan whatsapp sebagai sarana diskusi pembelajaran daring siswa kelas IVB di SDN Jember Kidul 04. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif karena untuk mengetahui nilai pada variabel mandiri yaitu efektivitas penggunaan whatsapp tanpa membandingkan atau menghubungkan dengan variabel lain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan satu kelas yaitu kelas IVB SDN Jember Kidul 04 sebagai sampel penelitian yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan whatsapp sebagai sarana diskusi pembelajaran daring siswa kelas IVB tema 7 di SDN Jember Kidul 04 dapat dikatakan efektif diukur menggunakan 3 indikator yaitu intensitas, komunikasi dan kepuasan.

Published
2021-10-22
How to Cite
NURWAHYU, Sefyn Dwi Candra; SUHARTININGSIH, Suhartiningsih; FINALI, Zetti. Efektivitas Penggunaan Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Pembelajaran Daring Siswa Kelas IVB Tema 7 di SDN Jember Kidul 04. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 99-104, oct. 2021. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/25178>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i2.25178.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.