Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas II Sekolah Dasar Tema 3 Tugasku Sehari-Hari

  • Sri Indah Agustin Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Jember, Indonesia
  • Yayuk Mardiati Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Jember, Indonesia
  • Yuni Fitriyah Ningsih Universitas Jember
  • Mutrofin Mutrofin Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan perilaku siswa yang mulai mengikuti era perkembangan zaman, sehingga dikhawatirkan nilai karakter pada diri siswa mulai luntur. Penanaman nilai karakter dapat dikembangkan melalui buku tematik siswa yang diintergrasi beberapa mata pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan muatan nilai karakter pada buku siswa kelasĀ  sekolah dasar tema 3 tugasku sehari-hari. Jenis penelitian ini bersifat deksriptif dengan desain kualititatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dengan objek penelitian muatan nilai karakter. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, jumlah nilai karakter yang ditemukan sebanyak 95 kalimat nilai karakter. Adapun rincinan jumlah nilai karakter yaitu: 20 nilai tanggung jawab, 20 nilai peduli, 10 nilai santun, 10 nilai cinta tanah air, 8 nilai disiplin, 8 nilai percaya diri, 7 nilai religius, 6 nilai mandiri, 4 nilai kreatif, dan 2 nilai jujur. Nilai karakter yang ditemukan tidak merata, nilai yang paling banyak ditemukan nilai tanggung jawab dan peduli. Pendidikan karakter pada diri siswa sejak dini sangat penting untuk menciptakan generasi bangsa yang berkarakter

Published
2021-10-22
How to Cite
AGUSTIN, Sri Indah et al. Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas II Sekolah Dasar Tema 3 Tugasku Sehari-Hari. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 88-98, oct. 2021. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/25000>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i2.25000.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.