Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring

  • Rizka Damaiyanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia
  • Hari Satrijono Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia
  • Fajar Surya Hutama Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia
  • Yuni Fitriyah Ningsih Universitas Jember
  • Ridho Alfarisi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Membaca permulaan merupakan aspek penting yang perlu dikuasai oleh siswa. Kemampuan membaca yang baik, maka mempermudah siswa dalam memperoleh informasi yang tertuang dalam bentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan membaca permulaan siswa dan faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pada masa pembelajaran daring. Melalui penelitian, diketahui kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Patrang 01 pada masa pembelajaran daring termasuk dalam kategori cukup. Kemampuan membaca permulaan dari 28 siswa hanya 2 yang termasuk dalam kategori sangat baik, 5 siswa dengan masuk pada kategori baik, 13 siswa masuk pada kategori cukup, dan 8 siswa masuk pada kategori kurang. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa adalah faktor lingkungan, faktor psikologis, dan faktor intelektual.

Published
2021-10-22
How to Cite
DAMAIYANTI, Rizka et al. Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 75-87, oct. 2021. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/24990>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i2.24990.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.