Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Asik (MASIK) Berbasis Augmented Reality pada Materi Volume Bangun Ruang

  • Fatima tuzzahro PGSD, Universitas Jembee
  • M Sulthon Masyhud Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia
  • Ridho Alfarisi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan kegiatan belajar dan mengajar yang memecahakan masalah persoalan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika pada anak SD membutuhkan media untuk menyampaikan informasi dengan mudah, menyenangkan, dan inovatif salah satunya yaitu media komik. Media Komik diharapkan dapat meningkatkan belajar, keaktifan, motivasi belajar, dan keefektifan belajar  adalah komik. Karena komik MASIK  memadukan antara konsep bermain serta belajar volume bangun ruang. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan dan mengetahui keefektifan relatif media komik MASIK berbasis Augmented Reality. Desain penelitian menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall  terdiri dari 10 tahap yaitu  penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji lapangan produk utama, revisi produk, uji lapangan skala luas, revisi produk final, dan Deseminasi. Penelitian pengembangan komik MASIK hanya menggunakan  9 tahap dari 10 tahap dikarenakan yang berhak menyebarkan media adalah dinas bersangkutan. Penelitian ini bertempat di MI Unggulan Nuris pada kelas 5, dengan menggunakan 2 kelas yaitu 5A dan 5B.  Hasil 2 validator memiliki rerata validitas produk sebesar 92,405 dengan kategori sangat layak dan valid digunkan media tersebut. Hasil dari uji Independent Sample T-test  nya menunjukan  sig.2 Tailed< 0,05 yaitu ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil angket keterbacaan media, kepraktisan media, dan respon siswa secara berurutan adalah 98,833%, 96,288%, dan 92,963% berkategori sangat layak. Hasil dari keefektifan relatif sebesar 18,522%  berkategori sangat rendah,sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan keefektifan dari kelompok eksperimen dan kontrol.  Kesimpulannya keefektifan relatif berkategori sangat rendah dalam hal ini media bukan satu-satunya faktor dari hasil belajar. Hasil belajar dipengaruhi banyak faktor antara lain kecerdasan IQ siswa, minat siswa, lingkungan sekolah, perekonomian keluarga,dan faktor lainnya.

Published
2021-06-22
How to Cite
TUZZAHRO, Fatima; MASYHUD, M Sulthon; ALFARISI, Ridho. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Asik (MASIK) Berbasis Augmented Reality pada Materi Volume Bangun Ruang. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 7-29, june 2021. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/24755>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i1.24755.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.