Keefektifan Pembelajaran Daring untuk Pembelajaran Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok

  • Moh. Alif Dio Utomo SDN Sebaung 01 Probolinggo; Jalan raya Sebaung, Kec. Sebaung,, Kab. Probolinggo
  • Mutrofin Mutrofin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia
  • Ridho Alfarisi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Masa pandemi Covid-19 ini bisa dikatakan sebagai sebuah peluang dalam dunia pendidikan, baik pemanfaatan teknologi seiring dengan industri 4.0, maupun orangtua sebagai mentor. Harapannya, pasca pandemi Covid-19, guru dan peserta didik menjadi terbiasa dengan sistem saat ini sebagai budaya pembelajaran dalam pendidikan.  Penelitaian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pembelajaran daring melalui Whatsapp dan Zoom Meeting dalam pembelajaran matematika di kelas V SDN Sebaung 1 Kabupaten Probolinggo, serta untuk membandingkan hasil pembelajaran antara laki laki dan perempuan dengan metode daring melalui Whatsapp dan Zoom meeting. Respnden penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SDN Sebaung 1 Probolinggo dengan jumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui pretest dan posttest.  Hasil penelitian pretest dan postest menggunakan statitik deskriptif untuk platform Zoom lebih besar dari whatsapp dengan selisih rata rata sebesar 5,31 dan perbedaan hasil belajar berdasarkan gender lebih besar laki laki dari perempuan dengan selisih rata rata sebesar 3,43.

Published
2021-06-15
How to Cite
UTOMO, Moh. Alif Dio; MUTROFIN, Mutrofin; ALFARISI, Ridho. Keefektifan Pembelajaran Daring untuk Pembelajaran Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1-6, june 2021. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/24731>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i1.24731.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.