Analisis Level Pertanyaan Pada Soal Cerita Matematika dalam Buku Erlangga Straight Point Series Kelas V SD Berdasarkan Taksonomi SOLO

  • Onie Nasmi Fathani Universitas Jember
  • Sunardi Sunardi Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Jember, Indonesia
  • Muhtadi Irfan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis level pertanyaan pada soal cerita matematika dalam buku Erlangga Straight Point Series kelas V SD berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure Of Learning Outcome). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level pertanyaan pada soal cerita matematika dalam buku ESPS dengan menghitung persentase setiap level unistruktural, multistruktural, relasional, dan abstrak diperluas. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode dokumentasi dan check list. Taksonomi SOLO merupakan alat evaluasi untuk mengetahui kualitas respon siswa terhadap tugas yang diberikan, dengan kata lain taksonomi SOLO merupakan alat ukur kualitas respon siswa terhadap suatu masalah. Hasil dari penelitian ini terdapat 50 soal cerita yang terdiri dari 55 pertanyaan. Persentase level pertanyaan Unistruktural pada soal cerita sebesar 0%. Persentase pada level pertanyaan Multistruktural sebesar 92,72%, sedangkan pada level pertanyaan Relasional persentasenya sebesar 7,27%, dan persentase pada level Abstrak Diperluas sebesar 0%. Dari hasil data yang diperoleh, nampak bahwa pada level pertanyaan Multisruktural memiliki persentase tertinggi dengan hasil 92,72%, hal ini menunjukkan bahwa soal cerita pada buku penunjang matematika Erlangga Straight Point Series (ESPS) untuk kelas V SD/MI sudah sesuai dengan teori Taksonomi SOLO

Published
2021-06-22
How to Cite
FATHANI, Onie Nasmi; SUNARDI, Sunardi; IRFAN, Muhtadi. Analisis Level Pertanyaan Pada Soal Cerita Matematika dalam Buku Erlangga Straight Point Series Kelas V SD Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 68-74, june 2021. ISSN 2798-382X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/24570>. Date accessed: 29 mar. 2023. doi: https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i1.24570.