Historiografi Orde Baru yang Hegemonik dan Pembelajaran Sejarah di Sekolah (SMP, SMA)

  • I.G. Krisnadi Universitas Jember

Abstract

Artikel ini bertujuan menjelaskan upaya pemerintah Orde Baru mengendalikan sejarah, sejarah kontroversial dan krisis pembelajaran sejarah, demokratisasi sejarah dan memformat ulang historiografi Orde Baru. Penelitian ini menggunakan metode sejarah. Setiap permasalahan yang muncul di dalam penelitian ini didekati dengan ilmu politik, dan dianalisis menggunakan teori hegemoni dari Antonio Gramsi.

Published
2022-01-26
How to Cite
KRISNADI, I.G.. Historiografi Orde Baru yang Hegemonik dan Pembelajaran Sejarah di Sekolah (SMP, SMA). Historia, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 549-577, jan. 2022. ISSN 2774-9932. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JH/article/view/29527>. Date accessed: 29 june 2022.