THE STRATEGI ZIONIS POLITIK DALAM MEREBUT PALESTINA DARI KERAJAAN UTSMANI TAHUN 1896-1948

The Political Zionist Stategy in Seizing Palestine from the Ottoman Empire in 1896-1948

  • Nur Fadilah Yusuf Universitas Jember

Abstract

Artikel ini membahas tentang Strategi Zionis Politik dalam Merebut Palestina di Kerajaan Utsmani tahun 1896-1948. Zionis memiliki tujuan dalam rangka untuk mendirikan sebuah negara Israel. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana gerakan Zionis tersebut dengan menggunakan pendekatan Politik. Rumusan penelitian ini sebagai berikut: (1) strategi apa yang dilakukan Zionis Politik untuk mencapai tujuannya? (2) mengapa Kerajaan Utsmani menjadi sasaran dari Zionis Politik? (3) bagaimana akhir dari gerakan Zionis Politik? Penulis mengkajinya dengan menggunakan metode sejarah menurut Louis Gotschalk. Metode tersebut meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang digunakan dalam kajian ini yakni pendekatan Politik, dengan menggunakan teori Aneksasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan keseriusan Kaum Zionis dalam upaya merebut Palestina dari Kerajaan Utsmani. Palestina dijadikan sebagai Negara Israel oleh Theodore Herzl dengan maksud agar Kaum Zionis dapat membangun kembali Kuil Haikal Sulaiman.

Published
2020-07-27
How to Cite
YUSUF, Nur Fadilah. THE STRATEGI ZIONIS POLITIK DALAM MEREBUT PALESTINA DARI KERAJAAN UTSMANI TAHUN 1896-1948. Historia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 66-87, july 2020. ISSN 2774-9932. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JH/article/view/15628>. Date accessed: 19 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.