Pengaruh Kemampuan Intelegensi dan Task Commitment Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII MAN 1 Jember

  • Diana Mufidah Universitas Jember
  • S Suharto Universitas Jember
  • Toto Bara Setiawan Universitas Jember

Abstract

Hasil belajar matematika adalah penilaian hasil proses belajar matematika yang dinyatakan dalam bentuk angka, huruf, atau simbol yang dapat mencerminkan hasil yang telah dicapai oleh siswa atau anak dalam periode tertentu [1]. Dalam prosesnya hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Intelegensi dan task commitment merupakan salah satu faktor intern yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini mengkaji pengaruh kemampuan intelegensi dan task commitment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII Man 1 Jember, serta mencari tahu manakah faktor yang lebih dominan diantara keduanya. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner (angket). Pengambian sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling yang mana jumlah sampel yang digunakann yaitu sebanyak 169 siswa. Berdasarkan proses analisis diperoleh hasil yaitu Kemampuan intelegensi dan task commitment siswa secara parsial (individu) ataupun bersama-sama mempengaruhi hasil belajar matematika siswa, dengan persamaan garis regresi Y = -30,575 + 1,140X1 + 0,288X2 + ei. Kemampuan intelegensi memilki pengaruh lebih dominan yaitu sebesar 5,6%, sedangkan task commitment memiliki pengaruh sebesar 3,1%


 


Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, intelegensi, Task Commitment


 

Published
2018-08-14
How to Cite
MUFIDAH, Diana; SUHARTO, S; SETIAWAN, Toto Bara. Pengaruh Kemampuan Intelegensi dan Task Commitment Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII MAN 1 Jember. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 49-53, aug. 2018. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/8375>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8375.
Section
Articles