Pengembangan Buku Siswa Berbasis Kontekstual Bermuatan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA

  • S Suratno Universitas Jember
  • Erlia Narulita Universitas Jember
  • Syarifattul Luthfia Universitas Jember

Abstract


Perkembangan ilmu dan teknologi semakin pesat sehingga bioteknologi sebagai suatu bidang ilmu harus dikuasai oleh bangsa Indonesia. Namun, arus perkembangan bioteknologi yang semakin pesat membuat beberapa aplikasinya menyalahi etika dan menimbulkan banyak perdebatan diberbagai area sehingga perlu norma-norma dalam mengatur aplikasinya. Upaya peningkatan kualitas pembelajaran bioteknologi dapat ditempuh dengan menggunakan bahan ajar yang berkualitas yakni salah satunya buku siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pegembangan dan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Nilai validitas buku siswa yang dikembangkan sebesar 83,43% dengan kategori sangat valid. Nilai rata-rata uji keterbacaan dan tingkat kesulitan buku siswa sebesar 91,35% dengan kategori baik. Nilai kepraktisan buku siswa adalah 80,67% dengan kategori praktis. Buku siswa bersifat efektif dalam mempengaruhi siswa untuk mencapai kategori baik dalam ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Hasil tersebut menunjukkan bahwa buku siswa yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran bioteknologi di kelas XII SMA dan MA di Jember.


 


Kata Kunci: Buku Siswa, Pendekatan Kontekstual, Nilai Religius, Model ADDIE


 

Published
2018-08-14
How to Cite
SURATNO, S; NARULITA, Erlia; LUTHFIA, Syarifattul. Pengembangan Buku Siswa Berbasis Kontekstual Bermuatan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 45-48, aug. 2018. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/8374>. Date accessed: 21 july 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8374.
Section
Articles