Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Persegi, Persegi Panjang dan Segitiga Pada Siswa Kelas III SDN Kebonsari 04 Jember

  • Tri Hartanto Irawan Universitas Jember
  • Titik Sugiarti Universitas Jember
  • A Agustiningsih Universitas Jember

Abstract


Pembelajaran matematika merupakan suatu proses pembelajaran aktif dan inovatif yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membangun pengetahuan baru sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar. Salah satu pembelajaran yang aktif dan inovatif dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang terdapat lima komponen dalam pelaksanaannya yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pokok bahasan persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas III SDN Kebonsari 04 Jember tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pola pretest postest control group design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Jenis tes yang digunakan adalah tes obyektif. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III yang terdiri dari siswa kelas III A dan kelas III B SDN Kebonsari 04 Jember. Skor tes hasil belajar siswa berupa nilai pretest dan postest yang dianalisis dengan uji t menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil analisis dengan uji t diperoleh nilai thitung = 7,718 dengan keefektifan relatif sebesar 71,88%. Hasil perhitungan uji t dikonsultasikan pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,042 dan diketahui bahwa hasil thitung > ttabel atau 7,718 > 2,042. Dari hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pokok bahasan persegi, persegi panjang, dan segitiga pada siswa kelas III SDN Kebonsari 04 Jember tahun ajaran 2017/2018.


 


Kata Kunci: pembelajaran matematika, pendekatan saintifik, hasil belajar.


 

Published
2018-07-09
How to Cite
IRAWAN, Tri Hartanto; SUGIARTI, Titik; AGUSTININGSIH, A. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Persegi, Persegi Panjang dan Segitiga Pada Siswa Kelas III SDN Kebonsari 04 Jember. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 27 - 31, july 2018. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/8014>. Date accessed: 16 feb. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8014.
Section
Articles