Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS

  • Relis Agustien Universitas Jember
  • Nurul Umamah Universitas Jember
  • S Sumarno Universitas Jember

Abstract

 


Pengembangan media pembelajaran yang berkualitas dan inovatif serta aplikatif menjadi tuntutan pada era modern ini. Oleh karena itu pendidik diharapkan mempunyai kemampuan untuk memanfaatkan teknologi modern sebagai media untuk membantu proses belajar mengajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran video animasi dua dimensi. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPS 2 SMAN 1 Tapen dengan jumlah 26 peserta didik. Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Februari 2018. Hasil penelitian menunjukkan produk media pembelajaran tervalidasi dan dalam kategori menarik. Secara klasikal hasil validasi ahli isi bidang studi sebesar 80%, validasi ahli media dan desain pembelajaran sebesar 78%. Tingkat daya tarik pada penelitian ini sebesar 84% pada uji coba kelompok kecil, dan 87% pada uji kelompok besar. Kesimpulan penelitian ini bahwa media pembelajaran video animasi dua dimensi tervalidasi ahli dan menarik.


 


Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi Dua Dimensi, Validasi Ahli, Daya Tarik.


 

Published
2018-07-09
How to Cite
AGUSTIEN, Relis; UMAMAH, Nurul; SUMARNO, S. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 19 - 23, july 2018. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/8010>. Date accessed: 17 feb. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010.
Section
Articles