Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VI SD Negeri Sanawetan 2 Kota Blitar

  • Endro Siswantoro Universitas Jember

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah pada siswa SD Negeri Sananwetan 2 masih kurang sehingga perlu ditingkatkan. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan menerapkan problem based learning. Kemampuan pemecahan masalah dapat diukur dengan tes. Penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah bagi siswa melalui penerapan problem based learning. Penelitian dilakukan di kelas VI yang terdiri dari 20 siswa pada tahun ajaran 2017/2018. Keterlaksanaan problem based learning diukur menggunakan Lembar Keterlaksanaan Pembelajaran. Kemampuan pemecahan masalah siswa diukur menggunakan soal tes. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan terdapat peningkatan persentase keterlaksanaan problem based learning sebesar 5,6%. Kemampuan pemecahan masalah siswa juga meningkat sebesar 10,4%. Kesimpulan penelitian ini adalah problem based learning terlaksana sesuai harapan dan dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siswa SD Negeri Sananwetan 2 Kota Blitar.


 


Kata kunci: problem based learning, kemampuan pemecahan masalah


 

Published
2018-07-09
How to Cite
SISWANTORO, Endro. Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VI SD Negeri Sanawetan 2 Kota Blitar. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 15 - 18, july 2018. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/8009>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8009.