Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VI SD Negeri Sanawetan 2 Kota Blitar
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah pada siswa SD Negeri Sananwetan 2 masih kurang sehingga perlu ditingkatkan. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan menerapkan problem based learning. Kemampuan pemecahan masalah dapat diukur dengan tes. Penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah bagi siswa melalui penerapan problem based learning. Penelitian dilakukan di kelas VI yang terdiri dari 20 siswa pada tahun ajaran 2017/2018. Keterlaksanaan problem based learning diukur menggunakan Lembar Keterlaksanaan Pembelajaran. Kemampuan pemecahan masalah siswa diukur menggunakan soal tes. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan terdapat peningkatan persentase keterlaksanaan problem based learning sebesar 5,6%. Kemampuan pemecahan masalah siswa juga meningkat sebesar 10,4%. Kesimpulan penelitian ini adalah problem based learning terlaksana sesuai harapan dan dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siswa SD Negeri Sananwetan 2 Kota Blitar.
Kata kunci: problem based learning, kemampuan pemecahan masalah