Implementasi Bentuk Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Anak Kelompok B1 Usia 5-6 Tk Islam Terpadu Permata Mandiri Billah 3 Banyuwangi Tahun Ajaran 2017/2018

  • Zulma Aimmatul Universitas Jember
  • Nanik Yuliati Universitas Jember
  • K Khutobah Universitas Jember

Abstract

 


Tujuan penelitian ini adalah  untuk mendeskripsikan implementasi bentuk layanan bimbingan dan konseling pada anak kelompok B1 usia 5-6 TK Islam Terpadu Permata Mandiri Billah 3 Banyuwangi tahun ajaran 2017/2018.  Secara rinci penelitian ini untuk memperoleh jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang terkait implementasi bentuk layanan bimbingan dan konseling pada anak kelompok B1 yaitu layanan pengumpulan data, layanan informasi, layanan penempatan, layanan konseling. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan September 2017 sampai dengan minggu ke tiga bulan Januari 2018 di lembaga TK Kelurahan Bulusan Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan metode triangulasi data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sudah cukup baik dalam implementasi bentuk layanan bimbingan dan konseling pada anak kelompok B1 dengan adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan psikolog dan wali murid kelompok B1. Hal ini didapat dari adanya perencaan kegiatan hingga tahap evaluasi dan tindak lanjut dalam implementasi bentuk layanan bimbingan dan konseling pada anak kelompok B1 TK Islam Terpadu Permata Mandiri Billah 3 Banyuwangi tahun ajaran 2017/2018


 


Kata kunci: Implementasi bentuk layanan bimbingan dan konseling


Tujuan penelitian ini adalah  untuk mendeskripsikan implementasi bentuk layanan bimbingan dan konseling pada anak kelompok B1 usia 5-6 TK Islam Terpadu Permata Mandiri Billah 3 Banyuwangi tahun ajaran 2017/2018.  Secara rinci penelitian ini untuk memperoleh jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang terkait implementasi bentuk layanan bimbingan dan konseling pada anak kelompok B1 yaitu layanan pengumpulan data, layanan informasi, layanan penempatan, layanan konseling. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan September 2017 sampai dengan minggu ke tiga bulan Januari 2018 di lembaga TK Kelurahan Bulusan Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan metode triangulasi data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sudah cukup baik dalam implementasi bentuk layanan bimbingan dan konseling pada anak kelompok B1 dengan adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan psikolog dan wali murid kelompok B1. Hal ini didapat dari adanya perencaan kegiatan hingga tahap evaluasi dan tindak lanjut dalam implementasi bentuk layanan bimbingan dan konseling pada anak kelompok B1 TK Islam Terpadu Permata Mandiri Billah 3 Banyuwangi tahun ajaran 2017/2018


 


Kata kunci: Implementasi bentuk layanan bimbingan dan konseling


 


 

Published
2018-07-09
How to Cite
AIMMATUL, Zulma; YULIATI, Nanik; KHUTOBAH, K. Implementasi Bentuk Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Anak Kelompok B1 Usia 5-6 Tk Islam Terpadu Permata Mandiri Billah 3 Banyuwangi Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 12 - 14, july 2018. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/8008>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8008.