Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Materi Kinematika Gerak Lurus
Abstract
Penelitian ini menganalisis Keterampilan Proses Sains siswa SMA pada materi kinematika gerak lurus sehingga termasuk dalam penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains siswa SMA pada materi kinematika gerak lurus dan 2)mendeskripsikan faktor yang paling berpengaruh terhadap Keterampilan Proses Sains siswa SMA pada mata materi kinematika gerak lurus. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 71 siswa dari SMA PGRI Rogojampi, SMA Sultan Agung Rogojampi, dan SMA An-Nuur Al-Fadhol yang masing-masing diambil satu kelas dari tiap sekolah. Instrumen yang digunakan ialah tes pilihan ganda beralasan sebanyak 20 soal dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan Keterampilan Proses Sains siswa SMA pada materi kinematika gerak lurus termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 51.81%. Keterampilan Proses Sains pada aspek eksperimen merupakan Keterampilan Proses Sains yang mempunyai persentase yang paling tinggi yaitu sebesar 67.13%, sedangkan keterampilan yang paling rendah adalah Keterampilan Proses Sains pada aspek mengumpulkan dan mengolah data yaitu sebesar 42.13%. Faktor yang paling berpengaruh pada Keterampilan Proses Sains siswa SMA pada materi kinematika gerak lurus yaitu faktor ekstern. Faktor ekstern adalah faktor yang berada di luar individu, faktor ini meliputi faktor lingkungan sosial dan non-sosial.
Kata kunci: analisis, keterampilan proses sains, kinematika gerak lurus