Pengembangan Rancangan Pembelajaran Matakuliah Kombinatorika Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Local Wisdom
Abstract
Rancangan Pembelajaran (RP) matakuliah kombinatorika ini dikembangkan dengan menyesuaikan Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI) dan Local Wisdom. Rancangan Pembelajaran dalam penelitian ini berupa Peta Kajian Matakuliah, Silabus Matakuliah, Rencana Pembelajaran Semester, Modul Pembelajaran, Rancangan Tugas Mahasiswa, Lembar Kerja Mahasiswa, Lembar Penilaian Hasil Belajar, dan Kontrak Perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Rancangan Pembelajaran berbasis KKNI dan Local Wisdom yang valid. Validator dalam penelitian ini sebanyak 2 yaitu validator ahli pengembangan dan validator ahli materi. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian model Plomp yang terdiri atas 3 fase yaitu: (i) Penelitian Awal (Preliminary Research), (ii) Fase Pengembangan (Prototyping Phase), dan (iii) Fase Penilaian (Assessment Phase). Hasil analisis data kevalidan Rancangan Pembelajaran dalam penelitian ini menunjukkan kriteria sangat valid.
Kata Kunci: Rancangan Pembelajaran, KKNI, Local Wisdom
Published
2017-12-20
How to Cite
MURTIKUSUMA, Randi Pratama; FATAHILLAH, Arif; MONALISA, Lioni Anka.
Pengembangan Rancangan Pembelajaran Matakuliah Kombinatorika Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Local Wisdom.
Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 41-44, dec. 2017.
ISSN 2442-353X.
Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/6300>. Date accessed: 22 nov. 2024.
doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6300.
Section
Articles