Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII D SMPN 1 Mangaran Situbondo

  • Dian Iftitah Ummul Khairah Universitas Jember
  • Imam Mudakir Universitas Jember
  • Bevo Wahono Universitas Jember

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW). Model Pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) terdiri dari tiga tahapan yaitu Think (Berpikir), Talk (berbicara), Write (menulis) yang diterapkan pada siswa kelas VIII-D SMPN 1 Mangaran Situbondo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Data penelitian yang didapatkan berasal dari observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 7,8 dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 6. Berdasarkan penelitian ini, model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 


Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW)


 

Published
2017-12-08
How to Cite
KHAIRAH, Dian Iftitah Ummul; MUDAKIR, Imam; WAHONO, Bevo. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII D SMPN 1 Mangaran Situbondo. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 6-9, dec. 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/6046>. Date accessed: 19 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6046.
Section
Articles